Tingkatkan Tata Kelola Pendidikan, Disdik Jabar Gelar Bimtek E-RKAS (E-Budgeting)

  • August 27, 2019

Tingkatkan Tata Kelola Pendidikan, Disdik Jabar Gelar Bimtek E-RKAS (E-Budgeting)

Tingkatkan Tata Kelola Pendidikan, Disdik Jabar Gelar Bimtek E-RKAS (E-Budgeting)

Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar) terus meningkatkan tata kelola

manajemen pendidikan untuk sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan sekolah luar biasa (SLB) negeri di lingkungan Disdik Jabar. Salah satunya, dengan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) E-RKAS (E-Budgeting) yang dikembangkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sekretaris Dinas Pendidikan Jabar, Firman Adam mengatakan, kegiatan Bimtek E-RKAS (E-Budgeting) ini dapat memberikan pengetahuan dalam perencanaan anggaran bagi staf sekolah, khususnya bendahara sekolah. Selain itu, mereka juga dituntut bisa mempertanggungjawabkan dan melaporkan anggaran yang berkaitan dengan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Para peserta di sini akan diberi pengetahuan untuk memiliki sikap yang bisa

mendukung program pemerintah. Seperti, pengelolaan dan pengoperasian E-Budgeting. Karena, suatu saat nanti sekolah negeri SMA, SMK, dan SLB akan kembali memiliki dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) sendiri,” ujar Firman, saat ditemui di Hotel Panorama Lembang, Jalan Raya Tangkuban Parahu, Kabupaten Bandung Barat, Senin (8 April 2019).

Firman mengharapkan, dengan dilaksanakan Bimtek E-RKAS (E-Budgeting) ini dapat membawa perubahan dalam pengelolaan anggaran di satuan pendidikan. Setiap satuan pendidikan juga diimbau terus memperbaiki dan menyempurnakan data penerima BOS.

“Sekolah harus saling melengkapi, berharap semua data dapat ter-update.

Mudah-mudahan, aplikasi E-Budgeting ini dapat terintegrasi satu untuk semua. Seperti, Kemendikbud, Kemendagri, dan Kementerian Keuangan,” harap Firman.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sub-Bagian Perencanaan dan Laporan Disdik Jabar, Hendra Kusuma Sumatri mengatakan, aplikasi E-RKAS bertujuan mengelola dana BOS di sekolah-sekolah yang selama ini dilakukan secara manual.  Sistem tersebut menghadirkan struktur yang lengkap, mulai dari perencanaan hingga pelaporan keuangan dari daerah ke pusat.

“Dengan sistem E-RKAS (E-Budgeting), diharapkan dapat membantu manajemen pendidikan ke depan lebih akuntabel dan transparan,” tutupnya.

E-RKAS (E-Budgeting) diikuti 820 bendahara sekolah di Jabar yang terbagi dalam tujuh angkatan. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 1 hingga 12 April 2019, di Hotel Panorama Lembang

 

Sumber :

https://daftarpaket.co.id/

Riska

E-mail : admin@7-ksa.net