Seribu Siswa SMA/MA Ikuti Seleksi OSN Kota Yogyakarta

  • February 8, 2020

Seribu Siswa SMA/MA Ikuti Seleksi OSN Kota Yogyakarta

Seribu Siswa SMA MA Ikuti Seleksi OSN Kota Yogyakarta

Rangkaian pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 sudah dimulai.

Hari ini, Kamis (18/2) Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta menggelar seleksi OSN SMA/MA tingkat Kota Yogyakarta. Bertempat di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, seleksi ini diikuti oleh 1.005 peserta dari seluruh SMA maupun MA di Kota Yogyakarta.

“Diikuti oleh 1.005 peserta SMA dan Madrasah,” kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Suhartati di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta kepada Edupost.ID.

Dikatakan, keseluruhan peserta terbagi ke dalam sembilan bidang. Bidang-bidang itu

adalah Matematika, Fisika, Kimia, Komputer, Eknonomi, Geografi, Astronomi, Kebumian, dan Biologi. Seleksi hari ini, menurut Suhartati, dilakukan dengan seleksi tertulis. Seluruh peserta dibagi dalam ruang, untuk mengerjakan soal tertulis.

Seluruh lembar jawab peserta kemudian dibawa ke Dinas Dikpora DIY untuk dilakukan penilaian. “Proses selanjutnya, seluruh lembar jawab dibawa ke provinsi untuk dinilai. Provinsi yang menentukan daftar peserta yang berhak mewakili Kota Yogyakarta pada seleksi OSN tingkat provinsi.

Penentuan peserta yang berhak melaju ke provinsi, menurut Suhartati, didasarkan

pada passing grade tertentu yang ditentukan oleh Dinas Dikpora DIY. Namun, Suhartati mengaku tidak mengetahui secara pasti berapa standar nilai yang dibuat Dinas Dikpora DIY.

Disdik Kota Yogyakarta, menurut Suhartati, akan membuat program pendampingan khusus kepada seluruh peserta OSN yang mewakili Kota Yogyakarta pada seleksi tingkat provinsi. Namun, hingga kini pihaknya belum bisa menentukan jadwal pastinya. Pihaknya masih menunggu penguman resmi memgenai nama- nama yang lolos seleksi tingkat Kota.

Baca Juga :

Riska

E-mail : admin@7-ksa.net