PERBEDAAN SISTEM PELAPISAN MENURUT SIFATNYA

  • January 4, 2020

PERBEDAAN SISTEM PELAPISAN MENURUT SIFATNYA

PERBEDAAN SISTEM PELAPISAN MENURUT SIFATNYA

Menurut sifatnya, maka sistem pelapisan dalam masyarakat dapat dibedakan menjadi :
1. Sistem pelapisan masyarakat yang tertutup.

Sistem pelapisan tertutup kita temui misalnya di India yang masyarakatnya mengenal sistem kasta. Sebagaimana kita ketahui masyarakat terbagi ke dalam :
a. Kasta brahmana.
b. Kasta ksatria.
c. Kasta waisya.
d. Kasta sudra.
e. Paria.

2. Sistem pelapisan masyarakat yang terbuka.
Di dalam sistem ini setiap anggota masyarakat memiliki kesempatan untuk jatuh kelapisan yang ada di bawahnya atau naik ke lapisan ynag di atasnya. Dalam hubungannya dengan pembangunanmasyarakat, sistem pelapisan masyarakat yang terbuaka sangat menguntungkan. Sebab setiap warga masyarakat diberi kesempatan untuk bersain dengan yang lain.

E. BEBERAPA TEORI TENTANG PELAPISAN SOSIAL.

Bentuk konkrit daripada pelapisan masyarakat ada beberapa macam. Ada yang membagi pelapisan masyarakat seperti berikut ini :
1. Masyarakat terdiri dari kelas atas dan kelas bawah.
2. Masyarakat terdiri dari tiga kelas kelas atas, kelas menengah, dan kelas ke bawah.
3. Sementara itu ada pula sering kita dengan : kelas ke atas, kelas menengah, kelas menengah ke bawah dan kelas ke bawah.

Pada umumnya golongan yang menduduki kelas bawah jumlah orangnya daripada kelas menengah, demikian seterusnya semakin tinggi golongannya semakin dikit jumlah orangnya. Dengan demikian sistem pelapisan masyarakat itu mengikuti bentuk piramid.
Orang dapat menduduki lapisan tertentu disebabkan oleh beberapa faktor, seperti misalnya : keturunan, kecakapan, pengaruh, kekuatan dan lain sebagainya.
Ukuran atau kriteria yang biasa dipakai untuk menggolong-golongkan anggota-anggota masyarakat ke dalam lapisan-lapisan sosial adalah :
1. Ukuran kekayaan.
2. Ukuran kekuasaan.
3. Ukuran kehormatan.
4. Ukuran ilmu pengetahuan.

Sumber : https://multi-part.co.id/

Riska

E-mail : admin@7-ksa.net