Koloni Penguin Adelia Ditemukan di Kepulauan Danger

  • April 6, 2020

Koloni Penguin Adelia Ditemukan di Kepulauan Danger

Koloni Penguin Adelia Ditemukan di Kepulauan Danger

BARU-BARU ini para ilmuwan dikejutkan dengan penampakan koloni terbesar penguin Adelie yang tidak pernah diketahui sebelumnya. Keberadaan mereka tersembunyi di kepulauan terpencil bernama Danger Islands, Antartika Timur.

Ada lebih dari 750 ribu pasang penguin yang hidup di pulau itu atau berkisar 1,5 juta ekor

. Jumlah itu lebih besar daripada gabungan penguin di Semenanjung Antartika, seperti diberitakan Science Alert, Sabtu (3/3).

Sebelumnya para ahli biologi mengungkapkan selama 40 tahun terakhir, jumlah penguin Adelie (Pygoscelis adelia) terus menurun. Penguin ini merupakan salah satu dari tiga spesies dalam genus pygoscelis. Mereka memiliki panjang 25 inci (70 cm) dan berat antara 4-5,5 kilogram. Penguin Adelie dikenal hidup berkelompok dalam komunitas besar yang disebut koloni.

Berdasarkan keterangan Organisasi Lingkungan Dunia

(WWF), populasi Adelie telah menurun lebih dari 65% dalam 25 tahun terakhir. Ancaman terbesar mereka ialah terkikisnya habitat akibat perubahan iklim karena Adelie hanya mampu bertahan di hawa sangat dingin. Pemanasan global disalahkan atas melelehnya es laut.

Bukan hanya itu, ilmuwan Prancis juga pernah mengungkap antara 2010-2017 terjadi bencana pembiakan, yaitu ribuan anak penguin mati akibat kelaparan massal.

Terbatasnya ketersediaan mangsa jadi penyebab. Lautan es yang luar biasa

tebal memaksa para induk penguin mencari makan ke tempat jauh. Sumber makanan utama Adelie ialah hewan-hewan kecil laut, seperti udang, ikan, dan cumi-cumi.

Baca Juga :

Riska

E-mail : admin@7-ksa.net