Kartu Grafis ( VGA Card )

  • April 5, 2020

Table of Contents

Kartu Grafis ( VGA Card )

Kartu Grafis ( VGA Card )

Kartu grafis ini dipergunakan untuk menghubungkan antara motherboard dengan monitor yang digunakan. Baik dan tidaknya gambar yang ditampilkan tergantung dari kartu grafis yang digunakan, sehingga untuk memilih kartu grafis yang digunakan harus disesuaikan jenis monitor yang digunakan. Untuk pemasangan kartu grafis pada motherboard dapat melalui slot ISA, slot PCI, atau slot AGP. Pemasangan tersebut tergantung kartu grafis yang digunakan.

F. Kartu Suara ( Sound Card )
Kartu suara dipergunakan untuk menghubungkan antara motherboard dengan speaker dan microphone yang digunakan. Dengan kartu suara inilah maka pada komputer dapat menghasilkan suara kedalam komputer.

G. Hardisk
Hardisk dalam computer dipergunakan untuk menyimpan data dan program yang terinstal dalam komputer. Untuk menyimpan data maka bahan dari hardisk ini digunakan piringan magnetic yang mampu menyimpan data yang kapasitasnya besar. Bagian – bagian dari hardisk diantaranya yaitu :
1) Plate
Bagian yang menyimpan data. Bagian ini berbentuk piringan yang dilapisi dengan bahan magnetic sehingga mampu menyimpan data.
2) Read Write Head
Sebuah mekanisme yang bertugas membaca dan menulis data dari atau kepiringan hardisk.
3) Access Arm
Sebuah tungkai yang memegang head. Tungkai ini menggerakan head keseluruh permukaan piringan.
4) Drive Motor
Sebuah motor yang menggerakan piringan hardisk pada porosnya. Motor inilah yang menentukan kecepatan piringan hardisk.

H. Disk Drive
Disk drive dipergunakan sebagai tempat untuk floppy disk, sehingga floppy disk tersebut dapat terdeteksi oleh komputer. Disk drive terdapat dua jenis, yaitu disk drive yang dipergunakan untuk tempat floppy disk yang berukuran 5.25 inci dan berukuran 3.5 inci. Floppy disk yang biasa dipakai saat ini yaitu yang berukuran 3.5 inci karena kapasitasnya lebih besar dibandingkan floppy disk yang berukuran 5.25 inci. Floppy disk yang berukuran 5.25 inci mempunyai kapasitas 360 Kb, sedangkan yang berukuran 3.5 inci mempunyai kapasitas 1.4 Mb.

I. Keyboard
Keyboard dipergunakan untuk memasukan data yang dapat mengubah huruf, angka atau kode lain menjadi isyarat listrik sehingga dapat diproses oleh komputer. Keyboard ini dihubungkan dengan motherboard dengan melalui I/O. Secara garis besar system keyboard biasanya terdiri atas tombol – tombol huruf, angka, fungsi dan control.

J. Mouse
Mouse adalah piranti penunjuk yang dipergunakan pada program aplikasi grafis. Mouse digunakan untuk menunjuk objek yang ditampilkan pada layar monitor.

K. Monitor
Monitor dipergunakan untuk menampilkan gambar yang dihasilkan proses komputer. Monitor ini dihubungkan melalui kartu grafis yang telah terhubung dengan motherboard. Terdapat dua jenis monitor yaitu monitor LCD ( Liquid Cristal Display ) dan monitor CRT ( Catode Ray Tube ). Monitor CRT memiliki layar yang terbuat dari tabung hampa, sama seperti pada pesawat televisi, sehingga ukurannya menjadi lebih besar. Layar LCD memanfaatkan dua keping bahan yang terpolarisasi, dengan ditambah cairan kristal diantara keping tersebut. Sinyal listrik yang dilewatkan melalui cairan kristal tersebut akan membuat kristal yang ada didalamnya mencegat cahaya yang lewat.

L. CD Room Drive
CD room drive dipergunakan sebagai tempat dari CD sehingga dapat dibaca oleh komputer. CD room drive ini dihubungkan dengan motherboard dengan memakai kabel data.

Sumber : https://forbeslux.co.id/

Riska

E-mail : admin@7-ksa.net