Flash Adalah

  • October 26, 2019

Table of Contents

Flash Adalah

Flash Adalah
Flash lahir dari kepala seseorang bernama Jonathan Gay. Jon merupakan seorang ‘geek’ yang gemar menulis game dan membuat animasi di komputer. Ia menciptakan game Mac Airborne! tahun 1985, ketika ia masih duduk di bangku sekolah. Tahun 1993, ia mendirikan FutureWave Software dengan produk pertama SmartSketch. Inilah cikal bakal Macromedia Flash. Tahun 1995 SmartSketch berganti nama menjadi CelAnimator. Menjelang akhir 1995, FutureWave sempat mengalami masalah finansial dan mencari pembeli. Tiga calon yang ketika itu didekatinya adalah John Warnock dari Apple, lalu juga Adobe dan Fractal Designs. Pada Juli 1996 CelAnimator berubah nama kembali menjadi FutureSplash Animator. Produk ini menimbulkan minat di kalangan industri, salah satunya yaitu Microsoft yang menggunakan dan amat menyukainya. Begitu pula dengan Disney. Ketika itu MSN ingin dibuat mengikuti model televisi, dan animasi-animasi fullscreen dibuat dengan FutureSplash. 
Kemudian pada Desember 1996, Macromedia yang sedang membujuk Disney agar memakai Shockwave-plugin browser untuk produk animatornya bernama Director mendekati Jon. Akhirnya terjadilah kesepakatan dan FutureSplash Animator berubah nama menjadi Flash 1.0. 
Ada desas-desus bahwa jika Macromedia membeli FutureWave, maka Microsoft akan mencaplok Macromedia. Ternyata dugaan tersebut tidak benar, karena Microsoft kemudian mengubah haluan dan menjadikan MSN lebih berbasis teks ketimbang televisi. 
Selanjutnya Flash 2 dirilis pada pertengahan 1997 dan mendapatkan pujian di mana-mana. Flash 3 dan Generator menyusul di April 1998. Di bulan ini Macromedia, karena tekanan Adobe yang mempromosikan format SVG mengumumkan membuka format file .swf bagi publik. Flash 4 dan 5 pun segera menyusul pada tahun 1999 dan Juli 2000. Sementara itu semakin banyak software lain yang mendukung memainkan dan menghasilkan .swf, antara lain QuickTime dan CorelDRAW. Versi 5 menambahkan integrasi dengan XML, Generator, dan ActionScript. 
Penetrasi browser terus meningkat hingga kini mencapai 96%. Player Flash telah tersedia untuk berbagai platform: Windows, Mac, Unix, BeOS, hingga OS/2 dan PocketPC. Jonathan Gay kini bekerja sebagai developer untuk Macromedia. Pada desember 1996, Macromedia berhasil menciptakan software berbasis animasi vektor dan kemudian dirilis dengan nama Flash, yang berasal dari kata “Future” dan “Splash” dari nama perusahaan FutureWave. Berikut adalah sejarah perkembangan Flash :
  •  FutureSplash Animator (10 April 1996) 
Versi pertama dari Flash dengan basic editing tools dan timeline. 
  • Macromedia Flash 1 (November 1996) 
Versi re-branded oleh Macromedia dari FutureSplash Animator. 
  • Macromedia Flash 2 (Juni 1997) 
Dirilis dengan Flash Player 2.0, fitur-fitur baru termasuk : object library. 
  • Macromedia Flash 3 (31 May 1998) 
Dirilis dengan Flash Player 3, fitur-fitur baru termasuk : elemen movieclip, integrasi plug-in JavaScript, transparansi dan stand alone player eksternal. 
  • Macromedia Flash 4 (15 Juni 1999) 
Dirilis dengan Flash Player 4, fitur-fitur baru termasuk : variabel internal, input field, advanced ActionScript dan MP3 streaming. 
  • Macromedia Flash 5 (24 Agustus 2000) 
Dirilis dengan Flash Player 5, fitur-fitur baru termasuk : ActionScript 1.0 (berdasarkan ECMA Script, membuat sama dengan JavaScript di syntax), XML support, Smartclips (komponen precursor di Flash), penambahan format teks HTML untuk dynamic text. 
  • Macromedia Flash MX (ver 6) (15 Maret 2002) 
Dirilis dengan Flash Player 6, fitur-fitur baru termasuk : video codec (Sorenson Spark), Unicode, v1 UI Components, compression, ActionScript vektor drawing API. 
  • Macromedia Flash MX 2004 (ver 7) (9 September 2003) 
Dirilis dengan Flash Player 7, fitur-fitur baru termasuk : ActionScript 2.0 (terdapat model object-oriented programming untuk Flash walaupun sangat kekurangan fungsi script assist dari versi lainnya, arti Actionscript hanya dapat diketik secara manual), behaviors, extensibility layer (JSAPI), alias text support, timeline effects. 
  • Macromedia Flash MX Professional 2004 (ver 7) (9 September 2003) 
Dirilis dengan Flash Player 7, fitur-fitur baru termasuk semua fitur Flash MX 2004 plus : Screens (form untuk pengembangan basis state non-linear dan slide untuk mengatur content di dalam format slide seperti PowerPoint), integrasi layanan web, video import wizard, Media Playback components (mengompres MP3 dan/atau FLV player di dalam komponen yang bisa diletakkan di SWF), data components (DataSet, XMLConnector, WebServicesConnector, XUpdateResolver, dll) dan data binding APIs, panel project, v2 UI components dan transition class libraries. 
  • Macromedia Flash Basic 8 (13 September 2005) 
Versi sedikit fitur kaya versi dari perangkat authoring Flash menargetkan user baru yang hanya ingin menggambar, animasi dan interaktif secara sederhana. Dirilis dengan Flash Player 8, produk versi ini memiliki support untuk video, grafik tingkat advance dan efek animasi yang terbatas. 
  • Macromedia Flash Professional 8 (13 September 2005) 
Dirilis dengan Flash Player 8, Flash Professional 8 menambahkan fitur yang fokus pada ekspresi, kualitas, video dan mobile authoring. Fitur baru termasuk filters dan blend modes, easing control untuk animasi, penambahan properti strokes (caps dan joins), object-based drawing mode, run-time bitmap caching, FlashType advanced anti-aliasing untuk teks, On2 VP6 advanced video codec, support untuk alpha transparency di video, stand-alone encoder dan advanced video importer, cue point support di file FLV, advanced video playback component, dan interactive mobile device emulator. 
  • Adobe Flash CS3 Professional (versi 9, 16 April 2007) 
Flash CS3 adalah versi pertama perilisan Flash dibawah nama Adobe. Fitur CS3 mendukung penuh untuk ActionScript 3.0, memperbolehkan segala sesuatu dikonversi ke dalam bentuk ActionScript, menambahkan integrasi yang lebih baik dengan produk Adobe lainnya, seperti : Adobe Photoshop, dan juga menyediakan Vector drawing behavior yang lebih baik, menjadi lebih seperti Adobe Illustrator dan Adobe Fireworks. 
  • Adobe Flash CS4 Professional (versi 10, 15 October 2008) 

Versi Flash terbaru, codename “Diesel” – tidak terlalu dibingungkan dengan pre-rilis terbaru Flash Player 10 ke publik, codename “Astro” – terdapat inverse kinematics (bones), manipulasi objek berbasis 3D, animasi berbasis objek, penambahan text engine dan ekspansi ActionScript 3.0 yang lebih dalam.

Keuntungan Flash: 
Adobe Flash merupakan salah satu software aplikasi design grafis yang sangat populer saat ini terutama untuk membuat aplikasi animasi dalam efek yang spektakuler. Kesederhanaan tool yang disediakan serta kemampuan yang luas menjadikan Flash semakin digemari.  Beberapa alasan memilih aplikasi berbasis Flash yaitu:
  1. Hasil akhir (file hasil publish) dari Flash memiliki ukuran penyimpanan yang lebih kecil.
  2. Flash dapat mengimpor hampir semua format gambar dan file-file audio sehingga animasi yang dibuat dapat lebih hidup.
  3. Animasi dapat dibentuk, dijalankan dan dikontrol dengan menggunakan fitur-fitur yang terdapat pada Flash.
  4. Hasil akhir dapat disimpan dalam berbagai macam format file seperti *.swf, *.html, *.gif, *.jpg, *.png, *.exe, *.app, maupun file dengan format *.mov.

Sumber : https://earlraytomblin.com/

Riska

E-mail : admin@7-ksa.net