DAMPAK BURUK GLOBALISASI

  • August 5, 2019

DAMPAK BURUK GLOBALISASI

DAMPAK BURUK GLOBALISASI

Dalam kehidupan sehari

hari penggunaan Bahasa Indonesia belum dilaksanakan oleh rakyat Indonesia secara maksimal, ini terbukti bahwa anak sekolah belum bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, mereka berkata bahwa berbahasa Indonesia baik dan benar itu bukan hal yang mudah, dan parahnya lagi bahasa Indonesia yang baik dan benar sudah banyak dipengaruhi oleh bahasa – bahasa asing dalam penggunaannya sehari – hari, bahkan kebayakan remaja zaman sekarang malah mencampur adukan bahasa Indonesia dengan bahasa yang tidak baku yang dikenal remaja sebagai bahasa gaul.

 

Mengapa bahasa Indonesia sangatlah penting bagi kita semua ?

Penggunaan bahasa Indonesia mempunyai arti yang sangat penting bagi kita rakyat Indonesia, Dengan latar belakang keragaman itulah pada tanggal 28 Oktober 1928 masyarakat Indonesia menyatukan kebinekaan dan menyamakan tekad kebahasaan nasional. Termasuk dalam salah satu butir Sumpah Pemuda yang berbunyi, “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Dengan adanya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, hambatan komunikasi yang disebabkan berbeda latar belakang sosial, budaya, dan bahasa daerah dapat teratasi dengan bahasa pemersatu yaitu bahasa Indonesia.

 

 Selain itu, bahasa Indonesia Penting

sekali untuk mencegah dampak negatif dari arus globalisasi yang dapat merusak tatanan bangsa kita dengan cara masuk melalui media massa dan media elektronik yang pengaruhnya sangat cepat dan kuat bagi generasi penerus bangsa yaitu kaum pemuda.

Tidak terlepas dari itu pula bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat menjadi alat kontrol sosial yang digunakan Pemerintah sebagai penyelenggara Negara untuk membuat kebijakan yang sesuai dengan cita – cita bangsa Indonesia selama ini, Bayangkan jika bahasa yang dipakai untuk mengendalikan pelaksanaan dan penyelenggaraan Negara saja sudah tidak dikuasai oleh bangsanya sendiri itu akan berakibat buruknya proses bertata Negara di negri yang kita cintai ini.

 

Salah satu langkah yang diterapkan oleh pemerintah

Indonesia sebagai bentuk tanggung jawab terhadap eksistensi dan perkembangan bahasa Indonesia, selain seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi (kongres bahasa, seminar bahasa ) adalah dimasukkannya pelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum sekolah baik tingkat dasar, menengah-atas, dan di perguruan tinggi. Semua itu dilakukan dengan harapan agar kita, rakyat Indonesia dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu kebahasaan yang sudah kita peroleh di bangku sekolah ke dalam kegiatan dan kehidupan sehar-hari dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Berbahasa Indonesia yang baik dan benar yang dimaksud di sini adalah pemakain bahasa Indonesia harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi di mana, kapan, dengan siapa kita bicara tanpa melupakan aturan/kaidah-kaidah baku bahasa Indonesia,baik dalam komunikasi lisan maupun dalam komunikasi tulis.

Dan untuk peran Pemerintah selanjutnya adalah harus memperhatikan masalah pendidikan anak bangsa lewat Departemen Pendidikan Nasional dan Balai Bahasa Pusat harus mempunyai peran yang sangat aktif  serta melakukan pembinaan dibidang kebahasaan dalam tingkat nasional. Selain itu pula para pendidik haruslah mempunyai kopetensi tinggi untuk mendidik anak didiknya untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 

Selain itu untuk para pemuda bangsa

haruslah menjaga kemurnian bahasa Indonesia dari pengaruh bahasa gaul dan bahasa asing, setelah itu diminta agar menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar agar diharapkan dapat memberi ciri tersendiri sebagai identitas bagi bangsa kita bangsa Indonesia.

Semoga kedepannya bahasa Indonesia tetap menjadi bahasa yang utuh, murni dan tetap diakui oleh dunia sebagai bahasa yang sangat besar dengan jumlah penggunaannya dalam kehidupan sehari – hari.

Sumber : https://duniapendidikan.co.id/

Riska

E-mail : admin@7-ksa.net