Contoh Penulisan Latar Belakang

  • November 4, 2019

Contoh Penulisan Latar Belakang

Di zaman sekarang ini, internet merupakan kebutuhan bagi banyak orang karena internet bisa mengakses dan menemukan segala informasi di seluruh dunia dengan cepat dan mudah. Kebutuhan internet sangat penting sehingga peningkatan jumlah pemakai internet setiap tahunnya selalu meningkat di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri jumlah pemakai internet selalu meningkat dengan peningkatan yang cukup besar. Disisi lain dengan munculnya berbagai perusahaan yang bergerak di bidang Tekhnologi Informasi, perkembangan komputer pun kian maju hingga melampaui perkiraan para analisis dan pakar Tekhnologi Informasi sekarang ini. Berbagai cara dilakukan untuk merancang , membuat, bahkan memodifikasi aplikasi yang bermutu dalam menampilkan suatu informasi yang efisien dan berguna. Hal yang paling utama dalam menampilkan suatu informasi adalah bagaimana informasi tersebut bermanfaat dan mudah digunakan, serta membantu pemakai dalam suatu pekerjaan dibidang komputerisasi.

Drupal merupakan sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL, pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Dibuat dengan bahasa pemrograman PHP, Drupal dapat dipasang pada beberapa jenis database seperti MySQL, Postgre SQL, SQLite, MariaDB dan juga MsSQL. Web server yang mendukung diantaranya Apache, Nginx, IIS yang berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, Linux dan Free BSD. Dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakan secara bebas pula, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk mempublikasikan, mengatur dan mengorganisir berbagai jenis dari isi / konten pada website.

SMP Negeri 1 DEPOK merupakan sekolah menengah pertama di kota depok yang menjadi salah satu sekolah negeri terfavorit setelah SMP Negeri 2 Depok. Berlokasi di jl. Pemuda Raya no. 53 dan di pimpin oleh Bpk. Drs. Mulyadi mm. Sebagai Kepala Sekolah dan Bpk. Erwan s. Spd sebagai Wakil Kepala Sekolah. Dalam menunjang proses pembelajaran SMP Negeri 1 DEPOK hingga kini memiliki 25 ruang kelas yang terbagi menjadi 3 tingkatan/jenjang kelas. Pertama, untuk kelas 7(setara dengan kelas 1SMP) terdapat 9 ruang kelas. Kedua, untuk kelas 8(setara dengan kelas 2SMP) terdapat 9 ruang kelas. Dan Ketiga, untuk kelas 9(setara dengan kelas 3SMP) terdapat 7 ruang kelas. Ditambah dengan ruang penunjang seperti ruang laboratorium fisika dan ruang laboratorium komputer.

Pada umumnya informasi mengenai sekolah diperoleh melalui brosur dan pamflet-pamflet, Sedangkan informasi yang didapat kurang menarik karena bahasa dan tampilannya. Hal ini menimbulkan salah satu kekurangan, sehingga dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat memberikan informasi dengan tampilan yang menarik dan dapat diakses dimana saja. Bertolak dari kesulitan yang dihadapi oleh calon siswa, maka penulis mencoba mengangkat topik “Pembuatan Website SMPN 9 DEPOK menggunakan CMS (Content Management Systems) DRUPAL 7.0”.

Diharapkan dengan dibuatnya website sekolah ini, calon siswa dan masyarakat luas yang ingin mengetahui informasi mengenai sekolah tersebut dapat mengunjunginya langsung melalui sebuah website secara online kapanpun dan dimanapun.

1.1 Batasan Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini penulis hanya membatasi pada menu-menu yang tersedia dalam situs ini seperti home, profile, kurikulum, kesiswaan, fasilitas, prestasi, guru, dan hubungi kami. Hal-hal seperti pembahasan tentang program-program yang digunakan tidak dibahas dalam penulisan ilmiah ini.

1.2 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk membantu calon siswa dan masyarakat luas yang ingin mengetahui informasi mengenai sekolah dan membantu calon siswa untuk memahami segala aspek yang ada didalam sekolah tersebut. Serta secara tidak langsung mempromosikan sekolah yang dimaksud.

1.3 Metode Penelitian
Penulis mengacu pada metode SDLC (System Development Life Cycle) yang meliputi perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, dan pemeliharaan (maintenance). Dimulai dari menetapkan SMP yang akan dituju dan merencanakan untuk mengunjungi serta mengambil data-data mengenai SMPN 1 DEPOK. Setelah data-data diperoleh dengan lengkap, penulis melakukan analisa data yang dibutuhkan dalam pembuatan website tersebut. Kemudian merancang struktur navigasi agar pencarian halaman web mudah dipahami dan ditelusuri. Serta membuat rancangan tampilan storyboard untuk memberikan gambaran dan penjelasan secara terperinci dari setiap halaman web.

Langkah selanjutnya melakukan implementasi system yaitu cara kerja pembuatan website pada komputer lokal sesuai dengan desain web yang telah direncanakan. Adapun perangkat lunak yang digunakan untuk membuat website ini yaitu dengan software CMS (Content Management Systems) DRUPAL 7.0 dengan bantuan adobe photoshop untuk pengeditan gambar.

Setelah website ini selesai dibuat, dilakukan pengujian pada komputer lokal terlebih dahulu, kemudian dilakukan proses upload. Dan terakhir dilakukan pemeliharaan website dengan cara melakukan perbaikan-perbaikan yang dirasa perlu, seperti memperbaharui berita-berita lama dengan berita terbaru.

1.4 Sistematika Penulisan
Penulisan ilmiah ini dibuat berdasarkan sistematika penulisan yang sudah ditentukan, dengan tujuan mempermudah dan memperjelas bagaimana penulisan ini disusun.

BAB 1 PENDAHULUAN

Dalam bab satu penulis menguraikan permasalahan secara umum yaitu mengenai latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian dan sistematika penulisan.

BAB 2 LANDASAN TEORI

Pada bab dua dijelaskan mengenai landasan teori tentang internet, website, desain web, CMS (Content Management Systems) DRUPAL 7.0 dan struktur navigasi.

BAB 3 PEMBAHASAN

Pada bab tiga menjelaskan tentang hal-hal yang berhubungan dengan proses pembuatan website, pembuatan struktur navigasi, rancangan tampilan, pembuatan desain input/output dan tabel questioner.

BAB 4 PENUTUP

Dalam bab empat, penulis memberikan kesimpulan dan saran dari penulisan ilmiah ini.

Riska

E-mail : admin@7-ksa.net