ASSUMSI-ASSUMSI CAPM

ASSUMSI-ASSUMSI CAPM

  • January 11, 2020

Table of Contents

ASSUMSI-ASSUMSI CAPM

ASSUMSI-ASSUMSI CAPM
ASSUMSI-ASSUMSI CAPM

1.Pasar Modal sangat effisien,dimana para investor dapat memperoleh informasi yang lengkap,tidak ada biaya-biaya transaksi dan tidak ada pembatasan-pembatasan dalam melakukan investasi dan tidak ada investor yang cukup kuat untuk mempengaruhi harga pasar suatu surat berharga.

2.Para investor umumnya mempunyai harapan yang sama mengenai keuntungan(expected return yang sama),dan juga resiko yang diperkirakan(varian/standar deviasi yang sama) untuk setiap surat berharga.

3.Perusahaan bermaksud membiayai proyek investasi secara penuh dengan modal sendiri.

4.Para investor bersifat risk Averse(menolak resiko).

5.Terdapat peluang meminjam atau meminjamkan dengan bunga yang sama.

TEORI ARBITRASE HARGA (ARBITRAGE PRICING THEORY)

Arbitrase adalah memperoleh laba tanpa resiko dengan memanfaatkan peluang perbedaan harga aset atau sekuritas yang sama.Sebagai taktik investasi yang digunakan secara luas ,arbitrase biasanya meliputi penjualan sekuritas pada harga yang relatip tinggi dan kemudian membeli sekuritas yang sama (berfungsi sama ) pada harga yang relatip lebih rendah.

Apakah portfolio Arbitrase itu ? Yaitu dengan syarat :

1.Portfolio yang tidak memerlukan tambahan Dana dari investor.Jika Xi menotasikan perubahan kepemilikan investor sekuritas i ( i= 1,2,3) ( dan juga proporsi sekuritas i di portfolio arbitrase )

2.Portfolio arbitrase tidak memiliki sensivitas portfolio terhadap faktor/variable apapun.,karena sensivitas portfolio terhadap faktor adalah rata-rata tertimbang dari sensivitas sekuritas di portfolio terhadap faktor tersebut.

Terdapat dua persamaan dengan 3 variable yang tidak diketahui y.i x1 ,x2,x3,yang berarti terdapat jumlah kombinasi nilai X1,X2,X3 yang tidak terbatas yang memenuhi kedua persamaan tersebut.

X1 + X2 + X3 =0

Cara untuk menemukan satu kombinasi adalah dengan memasukkan 0,1 ke X1( artinya menambah kepemilikan 10% saham 1),hal ini akan menghasilkan dua persamaan dgn 2 variable.

0,1 + x2 + x3 = 0

Portfolio arbitrase potensial adalah portfolio berdasarkan proporsi tersebut,(arti minus adalah di jual ).

Untuk melihat,apakah calon portfolio ini adalah portfolio arbitrase,ekspektasi return harus ditentukan.Jika hasilnya positip,maka itulah portfolio arbitrase.

3.Persyaratan ketiga dan terakhir untuk portfolio arbitrase adalah:

X1.expected return (eR)1+ X2.1.eR2+X3.eR3 > 0

Sumber : https://belinda-carlisle.com/

Riska

E-mail : admin@7-ksa.net